Senin, 09 Juni 2008

BOM????????????????

wuih...pasti semua pada gak asing dengan istilah "BOM". benda satu ini yang kurang lebih 6 tahun lalu meluluhlantakkan BALI...dasyat...

Oh ya ada yang pengen tahu tentang benda ini...aku sih sebenernya gak terlalu tahu menahu ada apa tentang benda ini, tapi aku cuma suka mempelajari tentang nuklir, yang kebetulan duku waktu kuliah pernah ambil mata kuliah Radiokimia...pengen sich ikut-ikutan (klo misalnya ada proyek bikin nuklir)...kekekekekekekeekkkk

Radiokimia nich menurut aku sangat amat menarik...oh ya sekedar pemberitahuan bahwa 20 kg bahan radioaktif contohnya Uranium (235 U)- bukan isotopnya lho..tuh bisa meledakkan 100.000 jiwa dalam sebuah kota...duh ngeri dech...

Pada tahu kan kota Manhattan??tuh lho kota yang lumayan besar di USA. disana tuh tempat proyek nuklir pertama USA...makanya aku tuh ngefans berat ma tuh kota...kapan ya bisa kesana, lihat2 sampah radioaktif, sapa tahu tuh sampah bisa dimanfaatin buat alat sensor Pb dari asap kendaraan bermotor. sekarang ini kan ibukota negara kita dah dipenuhi asap...makanya banyak bayi cacat mental, tuh akibat akumulasi Pb pada ibu hamil.

Unsur yang sering digumakam dalam reaksi fisi nuklir tuh Plutonuim-239 dan Uranium-235. Plutonium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pu dan nomor atom 94. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, plutonium termasuk ke seri aktinida (actinide series).
Isotopnya 239Pu digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir.kalo Uranium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke seri aktinida (actinide series).isotopnya 235U digunakan sebagai bahan bakar reaktor nuklir dan senjata nuklir.Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air, tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia).

Rata-rata kandungan energi nuklir

Berikut adalah jumlah energi nuklir yang bisa dihasilkan per kg materi:

Fisi nuklir:

Uranium-233: 17,8 Kt/kg = 17800 Ton TNT/kg
Uranium-235: 17,6 Kt/kg = 17600 Ton TNT/kg
Plutonium-239: 17,3 Kt/kg = 17300 Ton TNT/kg

sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam level energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.

Dikenal dua reaksi nuklir, yaitu reaksi fusi nuklir dan reaksi fisi nuklir. Reaksi fusi nuklir adalah reaksi peleburan dua atau lebih inti atom menjadi atom baru dan menghasilkan energi, juga dikenal sebagai reaksi yang bersih. Reaksi fisi nuklir adalah reaksi pembelahan inti atom akibat tubrukan inti atom lainnya, dan menghasilkan energi dan atom baru yang bermassa lebih kecil, serta radiasi elektromagnetik. Reaksi fusi juga menghasilkan radiasi sinar alfa, beta dan gamma yang sagat berbahaya bagi manusia.

Contoh reaksi fusi nuklir adalah reaksi yang terjadi di hampir semua inti bintang di alam semesta. Senjata bom hidrogen juga memanfaatkan prinsip reaksi fusi tak terkendali. Contoh reaksi fisi adalah ledakan senjata nuklir dan pembangkit listrik tenaga nuklir.


wah selain sebagai senjata ataupun perusak ternyata teknologi nuklir berguma juga kan??

nah makanya mari kita buka mata kita, jangan ngeri dulu sebelum tahu. dengar kata nuklir ja bayangannya bom melulu...


OK..ngeblog hari ini udah dulu...ada yang punya info lagi tolong kasih kirim ke email saya.

terima kasih

1 komentar:

Rizki mengatakan...

hi.. salam kenal!!!
Kalau mo cari info lainnya, kunjungi blog saya juga ya

http://blog.unand.ac.id/rizki54/